Elwin Halawa, Pengusaha Muda Sukses Meski Masih Kuliah

Apabila Anda sudah merasa cukup mapan dengan kemampuan satu bahasa, akan lebih baik lagi bila Anda mempelajari bahasa asing lainnya. Seperti bahasa Mandarin atau Korea yang saat ini masih memiliki peluang besar. Selain dapat menambah worth tersendiri, hal ini juga akan mendorong Anda untuk mendapatkan lebih banyak klien.

Namun, yang menjadi target adalah bagi yang sudah memiliki usaha sendiri. Ditengah berbagai krisis yang terus melanda bangsa Indonesia, adalah suatu keharusan bagi setiap manusia Indonesia mempersiapkan diri menghadapi berbagai Bola Online tantangan yang datang. Persiapan yang dilakukan akan sangat bersentuhan dengan bagaimana sumber daya manusia yang ada ditingkatkan kualitasnya dengan memberikan berbagai keterampilan hidup dan menambah wawasan kewirausahaan.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberikan banyak keuntungan. Kamu bisa berdiskusi dengan dosenmu untuk membantu mengembangkan bisnismu atau mencari tim bisnis dari kelompok kuliahmu. Selain itu, menumbuhkan bisnis kecil-kecilan saat kuliah dapat membantumu memiliki pekerjaan pasti setelah lulus nanti.

Menjadi pengusaha juga tidak bisa secara instan, dan pengusaha sukses akan melalui berbagai rintangan dalam usahanya. “Ketika menduduki bangku SMA, saya sudah serius memulai sebuah bisnis. Meskipun sejak SD kelas 3, saya pernah berjualan berbagai macam permainan, seperti kelereng, petasan, hingga pernah berjualan koran dan layanan ojek payung. Saat dibangku SMA ini saya mulai usaha kuliner, namun sulit dipertahankan karena tantangan usaha kuliner dari harga bahan-bahan mentah yang tidak stabil,” jelas pengelola bisnis franchise bimbel serta pebisnis kerajinan couch mattress ini lagi. Sementara itu, Hamzah Izzulhaq dalam pemaparannya menyampaikan bahwa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha itu bisa dimulai sejak dini.

Jika idemu mendapat sambutan baik dari mereka, cobalah untuk bertanya pada dosen mata kuliah bisnis atau teman dan saudara yang sudah punya banyak pengalaman berbisnis. Jika mereka memberimu lampu hijau, maka lanjutkan, jika tidak, terus cari ide yang menarik. Status sebagai mahasiswa merupakan kesempatan emas bagi generasi muda untuk mengembangkan diri melalui berbagai hal kreatif dan produktif. Salah satunya adalah dengan membangun bisnis sambil berkuliah alias menjadi pengusaha muda. “Iik merupakan salah contoh mahasiswa UBSI Tegal yang berhasil menjadi pengusaha sebelum wisuda.

Sebelum terjun menjadi freelancer tutor professional, perlu sekali untuk Anda memiliki skill yang mumpuni. Tentukan siapa goal Anda, apakah ditujukan untuk siswa yang duduk di sekolah dasar, menengah, atau perguruan tinggi. Tapi, bila boleh memberi saran, akan lebih baik bila Anda mengajar topik yang sesuai dengan bidang Anda. Selain itu, seringlah menjalin komunikasi dengan followers Anda. Tanpa disadari, langkah ini bisa memikat hati para pengguna media sosial lainnya yang belum memfollow Anda.

Untuk sukses sedini mungkin, maka kebanyakan pengusaha memulai bisnis nya semenjak masih menjadi mahasiswa. Karena selain masih penuh dengan energi, memulai bisnis ketika kuliah akan memberikan kamu pengalaman yang tak ternilai harganya. Padahal pada saat ini bangsa Indonesia baru memiliki four hundred ribu orang atau zero,18 persen yang jadi pengusaha, sedangkan amerika sudah 11,5 persen dan singapura 7,2 persen”.