5 Tips Produktif Dan Kreatif Di Tengah Pandemi

Desain Anda juga dapat digunakan pada masker kain yang sangat diperlukan di masa pandemic ini. Apabila Anda memiliki klien, tentunya dapat disesuaikan dengan konsep dari permintaan klien. Cara lain untuk mendapatkan uang secara online adalah dengan melakukan survei berbayar.

Buatlah anggaran lain yang berisikan rencana pengeluaran Anda juga. Masukkan rencana tabungan dan pengeluaran dalam jurnal tersebut. Jika ada yang berlebihan, Anda harus teliti lagi mana yang akan dikurangi. ”Perubahan kebiasaan masyarakat tercermin dari peningkatan signifikan nilai total transaksi GoPay dibandingkan dengan sebelum masa pandemi.

Dengan penghasilan tambahan atau cuan tersebut, diharapkan kita bisa keluar dari permasalahan ekonomi. Biasanya, setiap aktivitas mulai dari menulis artikel atau hanya sekadar komen akan mendapatkan reward level. Reward point yang dikumpulkan bisa ditukar berupa uang tunai dan produk kecantikan. Banyak sekali media on-line hingga platform komunitas yang memfasilitasi penulis lepas. Misalnya gabung ke platform komunitas Muslima Beauty, muslimabeauty.id. Ragam makanan yang bisa Anda jual pun sangat banyak, mulai dari makanan frozen, kalengan, minuman kesehatan, makanan ringan, dan sebagainya.

Akibatnya, mereka membutuhkan konten yang berkualitas sehingga mampu melejitkan brandnya. Kondisi seperti ini, justru harus dilihat sebagai peluang untuk memulai bisnis. Mungkin bisnis unik mahasiswa satu ini terbilang sedikit peminat. Pertama, kamu bisa menjadi kontributor penulis untuk portal yang membuka lowongan.

Dengan follower yang dimiliki di Instagram, mereka bisa bekerjasama dengan perusahaan untuk mempromosikan produk dari perusahaan tersebut atau biasa disebut sebagai endorsement. Kamu bisa mulai aktif bersosial media dan mengumpulkan banyak followers untuk menjadi influencer maupun YouTuber. Berbagai konten dapat dibuat seperti mengcover lagu, berbagi ideas Agen Bola Online dan informasi, membagi resep masakan, atau pun hal menghibur lain yang positif.