2 025 Mahasiswa Ikuti Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda

Banyak mahasiswa memiliki laptop, tetapi sangat sedikit yang memiliki alat cetak atau printer pribadi. Jika dicermati lebih jauh, ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan di kalangan mahasiswa. Selain untuk memudahkan tugas kuliah, memiliki printer pribadi yang dikomersialkan juga akan mendatangkan hasil yang cukup menguntungkan. Bayangkan, berapa banyak mahasiswa yang harus print tugas kuliahnya dalam satu hari?

Dengan kata lain, kehadiran seorang desainer adalah media untuk menejermahkan. Modal awalnya, Kamu bisa membeli sebuah kamera yang cukup mumpuni untuk menangkap gambar, juga video. Ditambah dengan sedikit keahlian dalam mengedit foto di perangkat lunak. Kamu sudah bisa memulai usaha sebagai fotografer dan videografer. Membuka usaha memiliki kelebihan yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan bekerja paruh waktu.

Namun jika ingin jasa yang lebih besar maka bisa bekerja sama dengan beberapa orang yang juga tertarik untuk pembuatan konten artikel. Mahasiswa yang mempunyai hobi merawat hewan peliharaan dapat menciptakan peluang bisnis jasa perawatan hewan peliharaan. Sebab banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, tetapi tidak mempunyai waktu untuk merawatnya. Bisnis ini cocok dijalankan di space yang cukup luas karena akan ada banyak hewan yang ditangani. Sebaiknya, berdayakan karyawan untuk membangun bisnis ini agar menjadi lebih besar.

Kegiatan yang masih aman dilakukan di jelang new normal ini memanglah dilakuakn secara online, termasuk dalam hal bisnis. Kamu sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan kesmepatan ini untuk berbisnis on-line. Kamu bisa menjadi reseller dengan mulai menjual barang-barang keperluan sehari-hari yang harganya tidak terlalu mahal, seperti cemilan yang sedang hits, makeup, aksesoris hp, dan lain sebagainya. Jika laris kamu bisa mulai membuat toko di marketplace atau e-commerce. Ide bisnis untuk mahasiswa berikutnya yang bisa dipilih adalah menjadi juru tata rias atau MUA untuk wisuda. Adapun modal yang diperlukan dalam berbisnis ini yaitu hanya kemampuan dalam memilih tutorial dan bentuk make up terbaik yang akan dipoleskan pada wajah pelanggan.

Dan yang paling penting, yang saya tulis ini merupakan ide bisnis tanpa modal. Peluang bisnis untuk mahasiswa selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas dari waktu ke waktu. Tentu saja, banyak sekali alasan logis yang menyertainya, sebut saja seperti ingin dapat uang jajan tambahan, untuk bayar kuliah, ataupun melatih kemandirian dan kecakapan dalam berbisnis. Jika Anda menyukai dunia make up dan cukup berbakat dalam melakukan hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk membuka jasa make up artist. Terlebih lagi, saat makin banyak orang yang membutuhkan jasa make up artist karena banyak orang yang ingin tampil sempurna pada beberapa acara tertentu.

Anda juga dapat mencoba menjual karya Anda di e-commerce khusus seperti Etsy yang didirikan untuk tujuan mengakomodasi para pengrajin. Inspirasi bisnis ini bisa Anda coba untuk memproduksi buku audio dengan karya beberapa dekade yang lalu di mana hak ciptanya sudah hilang. Tapi bisa juga berjualan pakaian di marketplace Slot Gacor ini dengan tanpa modal atau tanpa harus membeli barang dulu. Yaitu dengan menjadi dropshiper dari para supplier di marketplace. Profesi ini bisa membantumu mendapat banyak uang dalam waktu relatif singkat.

Misalnya dengan menjadi reseller produk, penulis artikel, hingga membuat berbagai produk kerajinan tangan. Minimal, Anda dapat belajar mengenai peluang dan memperbanyak modal. Simak beberapa ide bisnis on-line tanpa modal yang cocok dijalankan oleh mahasiswa berikut ini. Saat ini, ada cukup banyak pilihan ide bisnis untuk mahasiswa yang memiliki potensi tinggi dan cukup menjanjikan.

Untuk menambah relasi, bergabunglah dengan grup penerjemah yang bisa Anda temui di media sosial seperti facebook atau telegram. Namun ingat bahwa semua bisnis akan berisiko, termasuk bisnis ini. Anda harus bersiap dengan konsekuensi masalah penagihan, terlebih jika pelanggan yang membeli pulsa ialah teman dekat maupun keluarga.

Mahasiswa juga bisa memanfaatkan hobi yang disukai untuk konten video. Bisnis-bisnis yang telah diuraikan di atas akan dapat berkembang jika dikelola dengan baik dan terkonsep. Akan sangat luar biasa bila belum lulus kuliah, tetapi sudah mempunyai bisnis yang berjalan secara sistematis. Jika bisnis Anda bisa berkembang, mungkin Anda bisa memenuhi syarat untuk mengajukanpinjaman uang on-line untuk mendapatkan modal bisnis di masa depan.