Usaha Untuk Mahasiswa Ini Langkah Awal Memulainya

Anda cukup membuat akun melalui Gmail dan memasukan konten atau video seperti makan, jalan-jalan, rekomendasi tempat-tempat nongkrong, ataupun konten seperti sport. Contoh saja seperti youtubers Atta Halilintar, Jessnolimit, Ria Ricis dan masih banyak lagi. Sebagai seorang mahasiswa, terkhusus mahasiswa perantauan yang jauh dari keluarga pastinya banyak di terpa berbagai permasalahan, salah satu diantaranya adalah masalah keuangan. Karena itu, anda sebagai mahasiswa dituntut untuk dapat berpikir lebih kritis dan kreatif, agar segala permasalahan dapat terselesaikan dengan baik, hidup mandiri dan tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Calon lulusan perlu dibukakan mengenai dunia kewirausahaan supaya motivasinya bangkit dan terfikir untuk melihat peluang yang ada dan berani untuk menciptakan usaha yang berasal dari ide-ide yang mereka miliki. Sayangnya, mereka cenderung terbatas dalam hal keuangan, mengingat bahwa terdapat banyak biaya penting lain yang harus dikeluarkan. Karenanya, usahakan untuk tidak mematok harga yang terlalu tinggi bagi mahasiswa. Yakinkan mereka bahwa uang yang mereka keluarkan untuk produk Anda tidak akan sia-sia.

Setelah yakin dengan persiapan dan kemampuan yang Anda miliki, kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda-nunda rencana bisnis yang telah dibuat dan segera merealisasikannya untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya. Beriklan di kampus dengan selebaran dan stan pameran adalah cara mudah untuk mempromosikan bisnis, jangan lupa untuk menerima izin dari kampus terlebih dahulu. Bisnis juga mudah dipasarkan melalui klub, komunitas, dan masyarakat sekitar. Ketika Anda memiliki jawaban positif untuk pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat mulai bergerak maju dengan rencana bisnis. Seperti bisnis yang sedang menjamur beberapa tahun ini yaitu bisnis kedai kopi.

Keuntungan menggunakan mannequin bisnis ini adalah ketika semakin banyak reseller maka semakin banyak keuntungan. Misalkan penjualan dilakukan sendiri, sehari paling banyak 60 pesanan. Setelah itu ia dan tiga tim lainnya dikirim mewakili Universitas Lampung dalam ajang KMI nasional, dan menjadi juara I kemudian mendapat pendanaan sebesar Rp16 juta ditambah pelatihan khusus.

Di sinilah mereka akan “ditantang” untuk belajar menjadi orang dewasa. Karena kerumitan tersebut, mahasiswa tidak membutuhkan kerumitan lain dari pesan yang Anda berikan pada promosi produk Anda. Biasanya, para mahasiswa ini menyukai karya-karya yang bersifat menghibur, sarkastik, dan witty. Melakukan analisis peluang usaha sangatlah penting dilakukan sebelum memulai usaha.

Ide usaha anak kost ini bisa dilakukan di tempat yang tidak begitu luas dengan peralatan yang tidak mahal seperti blender dan gelas minum. Warung jus sendiri bisa dijalankan dengan rekan sesama mahasiswa atau menggunakan pekerja lainnya. Warung kopi kecil-kecilan bisa menjadi usaha yang menguntungkan apalagi jika lokasinya strategis, misalnya berada di dekat kampus. Warung kopi sendiri bisa hanya buka pada malam hari sehingga cocok untuk mahasiswa yang memiliki waktu kosong di malam hari. Mahasiswa bisa memanfaatkan koneksinya untuk membuat warung tersebut menjadi ramai.