Suggestions Jitu Mengatur Keuangan Keluarga

Jangan sampai harus berbohong dan menyisihkan uang untuk membiayai hobi tanpa sepengetahuan pasangan. Akan tetapi, tak ada salahnya istri membantu dengan membuka usaha atau turut bekerja kantoran. Manajeman keuangan ini memang sulit di awal, tapi akan sangat menguntungkan di masa depan. Tak perlu bingung, kini bahkan kamu bisa melakukan sedekah online dari rumah. Faktanya, memang penting untuk memiliki penghasilan sampingan agar pendapatanmu tak hanya berasal dari satu sumber. Pasalnya, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk berdagang atau memiliki usaha sendiri.

Hal tersebut menjadi sangat penting karena kita akan menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa agar ibadah puasa menjadi lancar dan berkah. Setidaknya dengan begitu, anda akan memiliki tabungan tanpa perlu memikirkan lagi harus memangkas biaya apa lagi agar bisa menyisihkan penghasilan ke dalam tabungan. Saat gaji yang didapat terbilang kecil, keinginan menabung biasanya akan terkikis sedikit demi sedikit bahkan tidak terpikirkan lagi. Tetapi bila anda menabung dengan sistem auto debet seperti melakukan pembayaran cicilan lainnya, anda bahkan tidak akan sadar bila gaji anda sudah dipotong untuk dimasukan ke dalam tabungan. Dan dengan begitu anda justru bisa mengontrol keuangan agar lebih tepat guna dan tidak mubazir. Sehingga gaji kecil anda tak akan semakin mepet tidak menyisakan apa-apa, paling tidak anda tak harus sampai berhutang karena gaya hidup yang boros.

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup. Imbasnya, tidak ada uang yang bisa Anda tabung untuk kebutuhan lainnya. Jika memang terpaksa berutang, segera bayar jika sudah jatuh tempo pembayaran. “Jika Anda dapat fokus untuk hidup sesuai kemampuan Anda, pada dasarnya Anda akan menghentikan pendarahan,” kata Mantia.

Tips mengatur keuangan

Tidak harus kendaraan bermotor atau rumah, pay later kamu juga menjadi hutang yang harus dibayarkan tiap bulan. Perlu kamu ketahui, membayar hutang secara rutin setiap bulan akan menghindarkan kamu dari bunga yang membengkak. Tapi untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, menabung seharusnya semakin banyak jika pendapatan semakin banyak. Sebab kebanyakan yang terjadi, semakin tinggi pendapatan alokasi ke kebutuhan justru semakin banyak. Padahal daripada digunakan untuk hal yang tidak penting lebih baik dana dialokasikannya ke investasi.

Semua yang telah dipersiapkan akan menjadi sia – sia jika tidak memiliki komitmen dalam menjalankannya. Misalnya, untuk utang 30%, untuk kebutuhan rutin 40%, investasi dan tabungan 20%, nah, sisanya boleh kamu taruh semua di rekening khusus belanja. Untuk memastikan gaji yang tidak seberapa tersebut dapat mencukupi seluruh kebutuhan bulanan, cara lainnya adalah dengan memilih membeli barang-barang bekas daripada barang-barang baru. Anda dapat mencari diskon untuk membeli barang dengan harga yang lebih murah, membeli dalam jumlah banyak supaya mendapatkan potongan harga, membuat sesuatu yang bisa dikerjakan sendiri, dan sebagainya. Dengan demikian, kebutuhan tetap terpenuhi, hanya saja dengan cara yang berbeda.