Seminar Dan Expo Kewirausahaan Asah Bakat Mahasiswa

Contohnya, menjadi penari di panggung panggung tari atau pemain drama di teater. Bagi yang suka bermain musik band, dapat mulai mengumpulkan personel band dan tampil di kafe-kafe yang menyediakan fasilitas full music. Bagi mahasiswa yang senang dengan desain grafis serta mempunyai keahlian, mereka dapat memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkannya kepada mahasiswa lain atau mungkin dosen. Bisnis ini menuntut keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan software program semisal Photoshop untuk melakukan desain grafis.

Dia menambahkan, melalui pameran tersebut Unpar telah meluluskan sejumlah mahasiswa yang akhirnya memilih untuk serius berwirausaha. Hobi dengan binatang peliharaan, memiliki hewan peliharaan memang cukup menyenangkan. Selain menyalurkan hobi yang dimiliki, Anda juga bisa mendatangkan keuntungan dari hobi tersebut. Misalnya saja dengan membuka klinik hewan, membuka pet store, membudidayakan hewan peliharaan yang Anda sukai seperti budidaya kelinci, ikan, ayam, burung berkicau, dan lain-lain. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengajak para mahasiswa, setelah meraih gelar sarjana, mampu menjadi pengusaha-pengusaha yang bisa menghasilkan perusahaan-perusahaan untuk mengimbangi period industri four.0 saat ini.

Ternyata, olahan singkong pedas yang ia racik sendiri diminati banyak orang. Setelah mendapatkan beasiswa di Unpad, Sam rutin menjajakan keripiknya pada sesama mahasiswa. Apalagi, jika bisnis dimulai dari nol, seseorang harus siap menerima rintangan dan tantangannya.

Namun harus dilihat apakah pendirian usaha tersebut akan bisa berkelanjutan, berapa price logis yang dibutuhkan, keuntungan yang diproleh, kapan bisa balik modal, dan siapakah competitor. Bahkan jika sebagai industriawan, jauh ke depan juga dipikirkan satu, dua, tiga tahun ke depan, posisi usaha menjadi seperti apa dan siapakah kita. Jatim Newsroom – CEO Maspion Group Alim Markus memberi kuliah umum di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya , Rabu (9/10). Kuliah yang dihadiri lebih dari 500 mahasiswa ini mengangkat tema Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship di Era Revolusi Industri 4.0’. “Jangan pernah takut untuk memulai suatu bisnis karena kadang yang terduga malah ia yang menguntungkan. Akan tetapi untuk menjadi pengusaha yang siap untuk bersaing maka harus bisa merencanakan strateginya,” ucapnya. Faktor yang mendukung keberhasilan pemuda dan mahasiswa Indonesia menjadi pengusaha ada dua.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Tahun ini yang berlaku setiap calon WP mendaftarkan proposal secara online dan juga mensyaratkan sudah memiliki usaha minimal enam bulan dan memiliki sertifikat pelatihan. Kemudian peserta pelatihan akan diwajibkan membuat proposal atau rencana bisnis untuk dinilai kelayakannya. Proposal yang lolos seleksi akan mendapatkan bantuan modal usaha tersebut. Dia mengungkapkan pihaknya membebaskan mahasiswa untuk menggali ide wirausaha berdasarkan minat yang dimiliki, dan mayoritas mengembangkan produk fesyen, aksesori, dan kuliner. Ke depan, para mahasiswa akan didorong untuk menggali di bidang-bidang lainnya.

Untuk mahasiswa yang IPK nya tinggi, kita sarankan menjadi dosen dan lanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi,” ujar Bang Zul. Mataram – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah melihat secara langsung produk dan hasil riset Universitas Mataram yang sudah siap dipasarkan. Gubernur NTB minta produk-produk Unram segera diserahkan ke pemerintah provinsi untuk selanjutnya diserahkan ke kabupaten/kota di NTB, Jumat, 12 Juni 2020. Membuka bisnis berarti harus berani mengambil resiko kerugian dan kebangkrutan. Namun percayalah, bila dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari kuliah kedalam bisnis, maka akan dapat meminimalisir resiko kerugian itu sendiri.