Menemukan Keunikan Untuk Memenangkan Persaingan Usaha

Padahal, andai mereka memahami dan menerapkan 7 mindset entrepreneur yang harus dimiliki para pengusaha muda seperti yang ada di artikel kali ini, kemungkinan besar mereka tak akan semudah itu menyerah. Para pengusaha muda di dalam maupun luar negeri yang sukses juga membutuhkan waktu dan strategi yang tepat dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Selain konsistensi, kemauan, dan kerja keras, hubungan dengan mitra bisnis juga berperan penting untuk menjaga usaha yang dijalankan. Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan bantuan dari orang lain, maka itu anda harus perbanyak membangun relasi dan jaringan. Begitu pun jika anda berniat untuk memulai berbisnis, tidak ada seorang pembinis pun yang mampu berkerja sendiri.

Jadi keberanian sangat diperlukan untuk menggapai keinginan itu. Saat kita menyalahkan orang lain, kita mengakui kalau kita tidak punya kendali, tidak berdaya, dan tidak berkualitas. Dalam buku “7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif” oleh Stephen R. Covey, manusia dikatakan memiliki lingkaran kepedulian, yang terdiri dari seluruh hal yang kita pedulikan. Dalam lingkaran itu, ada lingkaran yang lebih kecil, yaitu lingkaran pengaruh berisi hal-hal yang bisa kita kendalikan hasilnya.

Menjadi pebisnis yang baik

Sementara Tony Hsleh sebagai pendiri Zappos pernah berkata bahwa jangan pernah memainkan permainan yang tidak kamu mengerti, bahkan kalau kamu melihat banyak orang menghasilkan uang darinya. Karena itu, selain mencintai apa yang kamu lakukan, kamu juga harus pahami bidang bisnis yang kamu jalani. Gagasan bahwa usaha bisnis baru yang paling sukses berasal dari kaum muda, bahkan yang sangat muda, kini tersebar luas. Orang yang lebih muda sering dianggap kurang terikat pada pemikiran saat ini dan mereka lebih inovatif dengan ide yang luar biasa. Agar berhasil menjual diri Anda kepada orang lain, Anda harus lebih dulu menjadi penggemar terbesar untuk diri sendiri.

Cara terbaik untuk menjadi pengusaha pada dasarnya harus mengatur waktu dengan baik. Selain menilik dari sisi modal, kamu juga bisa memperhitungkan waktu luang yang kamu miliki. Jika memang kamu akan memfokuskan diri pada bisnis, maka kamu dapat menjajal jenis usaha yang memang menyedot banyak waktu. Namun, apabila kamu melakoni usaha ini sembari bekerja, maka kamu bisa mencari jenis usaha yang sifatnya ringan saja. Selain mencari ide bisnis dari luar kota maupun luar negeri, kamu bisa menengok bisnis yang sudah berhasil di kota sendiri. Jenis bisnis yang paling berhasil di kotamu bisa dijadikan acuan.

Ada yang ingin punya hidup tenang tanpa harus khawatir akan keuangan, atau mungkin ada yang bermimpi untuk memiliki usaha menguntungkan yang bertahan turun temurun dalam keluarga. Ada yang merasa berhasil ketika melakukan pekerjaan yang disukainya, ada juga yang berusaha semampunya untuk memberikan usaha terbaik dalam hal yang dikerjakan. Ketika beragam cita-cita pribadi mampu terwujud, kita menyatakan diri kita sukses dan berhasil. Disiplin adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki seorang pengusaha atau pribadi yang sukses.

Waktu-waktu mustajab biasanya pada setalah selesai adzan, selesai sholat wajib, menjelang berbuka puasa dan waktu mustajab yang lain. Jangan hanya berdoa pada saat kesulitan saja, namun berdoalan setiap saat. Mintalah pada Allah untuk dimudahkan, dilancarkan untuk mendapatkan hasil yang baik.