Ideas Mengatur Keuangan Keluarga Hadapi Pandemi

Padahal dengan memiliki rencana, kamu nantinya akan siap dengan berbagai kemungkinan. Salah satu instrumen investasi yang memberi pengembangan dana di atas suku bunga Bank Indonesia adalah obligasi. Obligasi atau bonds merupakan istilah dalam pasar modal yang digunakan untuk menyebut surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi.

“Membersihkan bukan hanya cara untuk menyingkirkan hal-hal yang mengacaukan hidup Anda, tetapi juga cara untuk mengumpulkan uang, kata Melody Juge, pendiri Life Income Management. Pastikan Anda memanfaatkan paylater dengan bijak, bukan untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif atau menggunakan paylater karena ingin belanja bukan karena kebutuhan penting. Sebaiknya belilah barang bekas yang masih bagus di toko barang bekas, pasar loak, maupun toko online, namun jangan lupa untuk menawar. Dengan sedikit polesan cat semprot, meja dan kursi bekas akan terlihat seperti baru. Simpanlah hasil kembalian dari warung, minimarket, dan lain sebagainya. Siapkan wadah untuk menyimpan uang receh tersebut agar tidak berceceran.

Anda hanya perlu mencatat tiap pendapatan yang masuk dan pengeluaran yang tergelontorkan. Dari sini Anda akan mengetahui, seberapa besar pendapatan dan pengeluaran riil Anda. Untuk mengurangi kebiasaan ini, biasakan membuat daftar barang yang hendak dibeli sebelumnya sebagai tips mengelola keuangan agar terhindar dari hutang. Keinginan berbelanja yang sering mungkin menjadi tanda bahwa Moms tidak terlalu bertanggung jawab secara finansial. Ini menjadi trik sekaligus ideas mengatur keuangan agar jauh dari hutang. Jika Moms merasa di akhir bulan harus hidup hanya dengan sedikit uang dan pada akhirnya harus berhutang, bisa jadi Moms tidak memiliki kebiasaan mengatur keuangan yang sehat.

Simpanlah struk belanja yang Anda dapatkan setiap kali berbelanja. Kalau kamu termasuk mahasiswa rantau yang ngekost, penting banget buat kamu untuk jaga kesehatan dan jaga pola makan. Selain nggak ada yang bisa rawat dan mengurus kamu saat lagi sakit, tugas dan kegiatan kuliahmu pun akan terganggu. Belum lagi kalau kamu harus periksa ke dokter dengan biaya yang bisa dibilang nggak murah.

Masa seperti ini daya beli masyarakat memang sedikit berkurang, sehingga jika kamu berjualan baik produk atau jasa usahakan yang memiliki peluang menguntungkan. Cara mengelola keuangan untuk masa depan yang bisa kamu lakukan sedari awal, kamu bisa dengan mengelompokkan kebutuhan. Terutama jika saat ini kamu menjadi anak kosan, yang merantau dan jauh dari rumah. Kamu bisa membuat daftar kebutuhan apa saja yang kamu butuhkan dalam satu bulan.

Uang tabungan tersebut akan berguna di masa depan, seperti membeli printer agar tidak membuang uang untuk print tugas-tugas kuliah maupun skripsi. Pada saat inilah kamu dituntut untuk bertanggung jawab atas diri sendiri, mulai dari mengatur waktu hingga mengelola finansial. Cara mengatur keuangan memang tidak mudah tak terkecuali bagi orang dewasa yang telah memiliki penghasilan tetap.

Pembukuan menjadi berantakan karena tidak jelasnya alur pendapatan dan pengeluaran, sehingga sulit untuk mengetahui apakah usaha yang sedang dijalani menguntungkan atau malah merugi. Mencampurkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi menjadi kesalahan umum yang banyak dilakukan para pelaku UMKM, terutama mereka yang masih pemula. Skala usaha dan jumlah pendapatan yang dianggap “masih tidak seberapa dan belum stabil” mungkin jadi alasan untuk melakukan hal tersebut. Sebelum masa pandemi berakhir, ada baiknya bila kamu hindari dulu melakukan pembelian dengan sistem cicilan. Lebih baik simpan dulu setiap uang yang kita miliki saat ini untuk mempermudah mengatur keuangan di masa pandemi. Apalagi, jika kita sudah punya cicilan yang berjalan atau tanggungan lainnya.

Tips mengatur keuangan

Nah, perlu diketahui bahwa dana darurat bersifat wajib di dalam perencanaan keuangan yang tengah kamu lakukan, meskipun hanya sebatas mengatur keuangan mingguan. Apakah saat ini kamu memiliki utang atau cicilan untuk produk lain? Dengan demikian, kamu bisa fokuskan semua pemasukanmu dalam semua tips cara mengatur keuangan di atas.