17 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula

17 Ide Bisnis Mahasiswa Pemula

Selain usaha dalam bentuk jasa yang bahkan tanpa modal uang, mahasiswa juga bisa membuka usaha dengan modal uang walaupun tidak perlu terlalu besar. Usaha ini bisa menggunakan modal yang dipinjam dari keluarga atau modal patungan dari beberapa orang. Mahasiswa juga saat ini bisa mendapatkan modal dari program yang dilaksanakan di kampus, atau mengajukan rencana bisnis pada investor. Membuka toko on-line adalah salah satu ide bisnis modal kecil yang dilakukan oleh banyak orang saat ini. Hal itu karena bisnis ini dinilai fleksibel yang mana dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya itu, bila kamu membuka toko online dengan menjadi dropship, kamu tidak perlu untuk menyetok produk untuk dipajang di toko dan dipromosikan.

Sebagai contoh bila kamu memiliki hobi memelihara burung kicau, kamu bisa memulai bisnis ternak pakan burung, ternak burung, ikut lomba burung kicau dan membuka toko perlengkapan burung kicau. Atau bila kamu memiliki keahlian dibidang programming, kamu bisa membuka jasa pembuatan aplikasi atau pembuatan website sistem informasi. Selain itu, sobat ukmśumut akan mengetahui dari beberapa hobi atau keahlian yang dipunya, mana yang benar benar bisa dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan. Kemudian peserta pelatihan akan diwajibkan membuat proposal atau rencana bisnis untuk dinilai kelayakannya.

Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar, hanya membutuhkan motor dan mengerti jalan sekitar agar tidak tersesat. Nah dengan peluang usaha yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan motor Anda untuk mendapatkan keuntungan. Tidak semua mahasiswa memiliki laptop untuk mengetik dan print untuk mengeprint tugas-tugas mereka. Jadi Anda sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan keadaan seperti ini. Sambil mengerjakan tugas sendiri, Anda juga bisa mengetik tugas orang lain. Bukan karena mereka tidak bisa menulis, namun karena keterbatasan waktu, mereka mencari seorang penulis untuk mengisi website yang mereka kelola saat ini.

Biasanya di tahun pertama kita belum bisa menghasilkan apa-apa karena kita harus fokus mencari subscriber terlebih dahulu. Selain itu privat les juga bisa dilakukan sebagai sambian dari kegiatan lain. Semisal masih kuliah juga bisa mendapat biaya tambahan dari les privat ini. Bisnis les privat sangat cocok untuk para mahasiswa karena kurikulum terbaru di Indonesia mengharuskan para siswa untuk dapat berkarya dan berfikir dengan mandiri.

Mereka yakni Riko Nopriansyah, Founder Batobi dengan akses bantuan complete Rp 8,5 juta. Caesar Agesta, Founder Rotbal dengan akses bantuan complete Rp 8,5 juta. Vanessa Mari’e P, Founder Nurse dengan akses bantuan complete Rp 10 juta. Bela Cahya K, Founder Gobela dengan akses bantuan total Rp 6 juta. Sedikitnya ada enam usaha/cara yang penulis temukan dalam meningkatkan gema kewirausahaan bagi mahasiswa. kita hanya memiliki zero.18 persen pengusaha alias kurang dari 1 persen dari jumlah penduduk saat ini.

Modal usaha mahasiswa

KUR ini dapat diajukan oleh pemilik usaha kepada bank pemerintah, syarat utamanya yaitu memiliki usaha yang berprospek yang cerah. Selain itu, kriteria usaha yang dapat diberikan pinjaman KUR adalah usahanya bersifat produktif dan layak, tetapi belum bankable. Selanjutnya pihak financial institution akan mengevaluasi dan menganalisa kelayakan usaha. Jika penilaian bank dirasa layak, maka akan diadakan perjanjian kredit. Kemudian pemilik usaha diwajibkan membayar angsuran pengembalian kredit tersebut kepada pihak bank hingga lunas. Mahasiswa atau kelompok yang telah mengajukan proposal dan terpilih dalam program ini akan mendapatkan modal berkisar Rp 10 juta hingga Rp 40 juta per kelompok.

Karena para mahasiswa memang memiliki keterbatasan kemampuan untuk melakukan usaha sendiri dengan modal kecil. Peluang usaha yang kesepuluh yaitu dengan cara membuka jasa servis barang elektronik seperti contoh hape dan laptop. Namun peluang usaha yang satu ini harus memiliki keahlian khusus mengenai hardware dan software program. Misalnya ketika kamu membantu teman menulis laporan, makalah atau bahkan skripsi nya. Kamu bisa menetapkan biaya per kata, misalnya one thousand kata dengan tarif 20.000 rupiah.

Comments are closed.